Blogger templates

Friday 13 March 2015

Kurangnya Minat Kunjungan ke Museum dikalangan Pelajar SMA Negeri 6 Palembang

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil Alamiin. Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, akhirnya kami dapat menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul “Kurangnya Minat Kunjungan ke Museum dikalangan Pelajar SMA Negeri 6 Palembang” dengan baik.

Makalah ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas yang harus dipenuhi sebagai persyaratan untuk mendapatkan pengesahan menjadi anggota Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 6 Palembang. Makalah ini disusun untuk mengetahui sebab berkurangnya minat dikalangan pelajar untuk mengunjungi museum.

Dalam penulisan makalah ini banyak melibatkan pihak-pihak yang telah memberikan dorongan serta membantu kami baik secara langsung, maupun tidak langsung, sehingga akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dengan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan sumbangan pemikiran, saran, dan petunjuk dalam proses pembuatan karya tulis ini. Kami menyadari tanpa bantuan semua pihak karya tulis ini tidak dapat terselesaikan dengan baik.

Dengan segala keterbatasan waktu dan kemampuan yang dimiliki, kami menyadari akan segala adanya kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik mengenai materi maupun metodeloginya. Oleh karena itu kami mengharapkan serta menghaturkan banyak terima kasih dalam hal kritik, saran, dan masukan yang diberikan demi menyempurnakan dan meningkatkan kualitas penulisan dimasa yang akan datang.

 Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi siswa dan masyarakat pada umumnya.
             
Palembang,       Mei 2014

Penulis
 
 ABSTRAK


Sukma Sari, Erika dkk. 2014. Kurangnya Minat Kunjungan ke Museum di kalangan Pelajar SMA Negeri 6 Palembang.
Kata kunci : museum, minat, pelajar

Minat pelajar sekarang ini sangat sedikit untuk mengunjungi museum. Banyak faktor yang menyebabkan berkurangnya minat pelajar mengunjungi museum, diantaranya adalah adanya pola pemikiran bahwa museum itu tempat yang sangat kuno, tempat yang tidak menarik, lokasi yang jauh dan tidak strategis, dan kurangnya sosialisasi dan promosi dari pihak museum. Jika hal ini tidak diatasi, maka pola pemikiran bahwa museum sebagai tempat kuno, dan tidak menarik tidak akan berubah. Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui sebab berkurangnya minat pelajar SMA Negeri 6 Palembang mengunjungi museum, sehingga kita mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini.

Data diperoleh dengan metode studi pustaka, angket, wawancara, dan analisis data. Dari penelitian yang dilakukan, dapat kami simpulkan upaya untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengadakan tur mengunjungi museum, sosialisasi dari pihak museum, penambahan koleksi yang menarik, perbaikan pola pikir pelajar, menambahkan fasilitas museum yang modern, penayangan film-film tentang sejarah, dll.

No comments:

Post a Comment