Blogger templates

Friday 13 March 2015

Obat Anti Nyamuk Dari Daun Kemangi

 KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. karena berkat rahmat dan ridha-Nyalah kami calon anggota ekstrakurikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) SMA Negeri 6 Palembang dapat menyusun makalah yang berjudul “Obat Anti Nyamuk Dari Daun Kemangi” ini. Shalawat bertangkaikan salam juga tak lupa kita curahkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW serta para pengikutnya hingga akhir zaman.
 
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua, guru-guru, kakak-kakak pembimbing, teman-teman serta segala pihak yang telah memberi dukungan baik itu materi maupun non materi sehingga kami dapat menyusun makalah ini.
 
Namun, kami tetap menyadari adanya keterbatasan pikiran kami dalam memaparkan seluruh materi yang ada di makalah ini sehingga mungkin masih terdapat banyak kesalahan ataupun kekurangan dalam makalah ini baik dalam cara penyajian materinya maupun dalam kelengkapan isinya. Oleh karena itu, kritik, saran, serta masukan yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk memperbaiki segala kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini.
 
Walaupun diselimuti dengan ketidaksempurnaan, kami harap makalah yang berjudul “Obat Anti Nyamuk Dari Daun Kemangi” ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelesaian makalah ini.

Palembang,  Mei  2014
 
Penulis

ABSTRAK

Arsyajafa, Kalda. dkk. 2014. Obat Anti Nyamuk Dari Kemangi.
Kata Kunci : Obat Anti Nyamuk, Kemangi, Air Tapai, Pengolahan

Tanaman kemangi (Ocimum basilicum) merupakan tanaman yang tersebar luas di wilayah Indonesia dan banyak dimanfaatkan sebagai lalapan. Kemangi memiliki aroma khas yang berasal dari kandungan sitral dari daun dan bunganya. Aroma ini tidak disukai nyamuk sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan obat anti nyamuk.
 
Obat anti nyamuk adalah suatu bahan yang dapat mengusir dan mematikan nyamuk. Obat anti nyamuk terdiri dari berbagai jenis, antara lain obat anti nyamuk bakar, obat anti nyamuk semprot dan obat anti nyamuk dalam bentuk lotion. Namun pada dasarnya, berbagai jenis tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh. Orang-orang dominan menggunakan produk obat anti nyamuk buatan yang mengandung bahan kimia karena dinilai praktis dan mudah didapat.
 
Tujuan penulis membuat makalah ini adalah membuat produk obat anti nyamuk berbahan alami. Adapun bahan yang digunakan antara lain kemangi, garam sebagai bahan pengawet dan air tapai sebagai pengganti alkohol.
 
Pengolahan obat anti nyamuk dari daun kemangi dimulai dengan tahap persiapan dan tahap pengolahan. Kemudian, merebus daun kemangi dengan air, menyaring air daun kemangi dan menambahkan garam dan air tapai pada air daun kemangi dan tahap terakhir adalah tahap pengemasan.

No comments:

Post a Comment