Blogger templates

Sunday 1 March 2015

Pembuatan Dodol Berbahan Dasar Ubi Jalar Ungu

KATA PENGANTAR
 
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Pembuatan Dodol Berbahan Dasar Ubi Jalar Ungu”.
 
Shalawat serta salam tak lupa kami ucapkan kepada Rasulullah Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman. Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya tak lupa kami ucapkan kepada pihak – pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya ilmiah ini, karena tanpa mereka makalah ini tidak mungkin dapat terselesaikan.
 
Penulis mengangkat judul tersebut karena ingin meningkatkan kualitas nilai jual beli ubi jalar ungu yang akhir – akhir ini semakin menurun kualitasnya. Penulis berharap agar makalah ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak. Kami sangat mengharapkan saran dan kritik menyadari adanya kekurangan dalam karya ilmiah kami ini.

Palembang, Juni 2013


Penulis

ABSTRAK 

Putra, Muhammad Syahrizal, dkk. 2013. Pembuatan Dodol Berbahan Dasar Ubi Jalar Ungu.
Kata Kunci : ubi jalar ungu, tepung tapioka

Ubi jalar merupakan tanaman yang sangat familiar bagi kita, banyak ditemukan di pasar dengan harga relatif murah. Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Jenis yang paling umum adalah ubi jalar putih, merah, ungu, kuning atau orange. Kelebihan dari ubi jalar yang berwarna yaitu mengandung antioksidan yang kuat untuk menetralisir keganasan radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencetus aneka penyakit degeneratif seperti kanker dan jantung. Ubi jalar ungu memiliki kelebihan lain yaitu kandungan anthosianin yang merupakan salah satu senyawa antioksidan selain betakaroten.

Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode kepustakaan dan eksperimen dimana kami melakukan tiga kali percobaan dengan menggunakan tepung tapioka yang tidak telalu banyak dan tidak terlalu sedikit, serta bahan tambahan lainnya seperti air.

Bahan – bahan yang digunakan dalam proses dodol berbahan dasar ubi jalar ungu mudah didapat, proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat diproduksi oleh siapa saja.




No comments:

Post a Comment