Blogger templates

Friday 13 March 2015

Pembuatan Nata Berbahan Dasar Buah Belimbing Manis

KATA PENGANTAR
   
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Pembuatan Nata Berbahan Dasar Buah Belimbing Manis”.

Shalawat serta salam tak lupa kami ucapkan kepada Rasulullah Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam mengerjakan karya tulis ilmiah ini.

Penulis mengangkat judul tersebut karena ingin meningkatkan nilai guna dalam pengolahan belimbing manis dan membuat nata dengan harga yang terjangkau dibandingkan nata yang lain. Tentunya ada hal-hal yang ingin kami berikan kepada masyarakat dari hasil karya ilmiah ini. Karena itu kami berharap semoga karya ilmiah ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna menyempurnakan makalah ini.
 
Palembang, Mei 2014

Penulis

ABSTARK
 
Persada, Muhammad Nata, dkk. 2014. Pembuatan Nata Berbahan Dasar Buah Belimbing Manis.
Kata Kunci : belimbing manis, bakteri, dan asam cuka.

Tanaman belimbing manis (Averrhoa carambola) memiliki buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah belimbing manis merupakan salah satu sumber vitamin C alami. 
 
Nata merupakan produk fermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum pada media yang mengandung gula serta lingkungan yang asam. Nata dapat dibuat dari air kelapa, santan kelapa, tetes tebu, limbah cair tebu dan lain-lain. Namun masyarakat Indonesia beranggapan bahwa produk nata harganya relatif mahal.

Untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi dan membuat nata, diperlukan suatu inovasi baru dalam pembuatannya, seperti bahan dasar pembuatan nata. Salah satu bahan dasar yang dapat digunakan adalah buah belimbing manis. Belimbing manis dapat difermentasikan menggunakan bakteri Acetobacter xylinum dengan bantuan asam cuka dan gula sehingga bakteri dapat berkembang dengan baik.

Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode studi kepustakaan dan eksperimen, dimana kami melakukan tiga kali percobaan menggunakan variasi pada bahan tambahan.    Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan nata berbahan belimbing manis mudah didapat, proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat diproduksi oleh siapa saja.

No comments:

Post a Comment