Blogger templates

Friday 13 March 2015

Pengaruh Keikutsertaan Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 6 Palembang

 KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya sehingga karya tulis dapat diselesaikan. Karya tulis ini berjudul “Pengaruh Keikutsertaan Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 6 Palembang”. Isi karya tulis tersebut berisi tentang salah satu masalah di dalam perkembangan prestasi belajar yaitu mengenai pengaruh keikutsertaan organisasi terhadap prestasi belajar.
 
Penyusunan karya tulis ini banyak mendapatkan bantuan dari pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada orang tua, guru-guru, kakak pembimbing, teman-teman dan pihak lainnya yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam proses penyusun karya tulis.
 
Dalam pembuatan karya tulis, penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis mohon bantuan dari berbagai pihak untuk memberikan kritik dan saran yang membangun agar dapat menjadi pedoman penulis untuk menjadi pedoman penulis untuk menjadi lebih baik lagi dalam penyusunan karya tulis.

Palembang,  April 2014

Penulis

ABSTRAK

Meiladi, Reza, dkk. 2014. Pengaruh keikutsertaan organisasi terhadap prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 6 Palembang.

Kata Kunci : Pengaruh, Sekolah, Organisasi, Prestasi Belajar
   
Sekolah memiliki fungsi dalam mengajarkan peranan sosial. Peserta didik berkesempatan memegang peran atau belajar dalam berbagai organisasi di sekolah. Banyaknya peserta didik yang mengikuti organisasi memiliki kesulitan untuk mengatur pola belajar mereka yang diakibatkan tugas organisasi yang tidak ringan dan ditambah tugas sekolah yang menumpuk akibatnya dapat mempengaruhi prestasi belajar.
 
Penelitian ini dilakukan sebagai langkah mengetahui pengaruh keikutsertaan organisasi terhadap perkembangan belajar yang nantinya ditemukan cara bagaimana mengimbangi antara kegiatan organisasi dan tugas sekolah.
 
Metode penelitian pada karya tulis ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data, antara lain berupa metode studi pustaka, metode angket, metode wawancara, data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari berbagai informasi melalui buku- buku ataupun internet yang berisi materi sesuai tema. Metode angket dilakukan dengan cara menyebarkan angket yang berisi pertayaan mengenai pengaruh keikutsertaan organisasi terhadap prestasi belajar kepada beberapa peserta didik kelas X, XI, XII SMA Negeri 6 Palembang. Sedangkan metode wawancara, dilakukan dengan melakukan wawancara kepada 6 responden tentang pengaruh keikutsertaan organisasi terhadap prestasi belajar.
 
Makalah ini membahas pengaruh keikutsertaan organisasi terhadap prestasi belajar dan cara mengimbangi antara kegiatan organisasi dan tugas sekolah. Dengan data hasil penelitian yang menyatakan  bahwa keikutsertaan organisasi dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik.

No comments:

Post a Comment