Blogger templates

Friday 13 March 2015

Pengaruh Tingkat Pengetahuan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Palembang Terhadap Pelestarian Kesenian Wayang Palembang

 KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya sehingga karya tulis dapat diselesaikan. Karya tulis ini berjudul “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Palembang Terhadap Pelestarian Kesenian Wayang Palembang”. Karya tulis ditujukan untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah di Stisipol Chandradimuka. 
 
Penyusunan karya tulis ini banyak mendapatkan bantuan dari pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada orang tua, guru-guru, teman-teman dan pihak lainnya yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam proses penyusun karya tulis.
 
Dalam pembuatan karya tulis, penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis mohon bantuan dari berbagai pihak untuk memberikan kritik dan saran yang membangun agar dapat menjadi pedoman penulis untuk  menjadi lebih baik lagi dalam penyusunan karya tulis.

Palembang,  Oktober  2014

Penulis       
 
       ABSTRAK

Meiladi, Reza, dkk. 2014. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Palembang Terhadap Pelestarian Kesenian Wayang Palembang.

Kata Kunci : Pengaruh, Tingkat Pengetahuan, Wayang Palembang, Pelestarian, Peserta Didik

Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan seperti halnya dengan kesenian Palembang, berupa Wayang Palembang yang merupakan kesenian khas Kota Palembang. Dulu, Wayang Palembang sering dipentaskan didaerah - daerah kota Palembang, namun sekarang pementasan Wayang Palembang sangat jarang terlihat, bahkan keberadaanya hampir punah dan tidak banyak peserta didik yang mengetahui kesenian tersebut. Padahal pelestarian kesenian lokal merupakan tugas utama peserta didik pada saat ini sebagai generasi penerus bangsa.
 
Tujuan pembuatan makalah ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik SMA Negeri 6 Palembang terhadap kesenian Wayang Palembang dan pengaruhnya terhadap pelestarian kesenian tersebut yang saat ini hampir mengalami kepunahan.
 
Metode penelitian pada karya tulis ini adalah metode deskriptif  kuantitatif dengan teknik pengumpulan data, antara lain berupa metode studi pustaka dan metode angket. Metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari berbagai informasi melalui buku- buku ataupun internet yang berisi materi sesuai tema. Metode angket dilakukan dengan cara menyebarkan  kepada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Palembang yang berisi pertanyaan mengenai tingkat pengetahun kesenian Wayang Palembang dan pengaruhnya terhadap upaya pelestarian.
 
Berdasarkan data yang penulis ambil dari metode angket didapatkan hasil bahwa persentase responden yang menyatakan bahwa mereka banyak yang tidak mengatahui tentang kesenian Wayang Palembang dan seluruh responden menyatakan bahwa meraka tidak pernah menyasikan Wayang Palembang.
 
Adapun pembahasan dalam makalah ini yaitu pemaparan pengaruh tingkat pengetahuan mengenai kesenian Wayang Palembang terhadap upaya pelestarian kesenian tersebut.

No comments:

Post a Comment