Blogger templates

Friday 13 March 2015

Pengaruh Zero Watch terhadap Kedisiplinan Peserta Didik SMA Negeri 6 Palembang

 KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi rabbil a’lamiin. Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Zero Watch terhadap Kedisiplinan Peserta Didik SMA Negeri 6 Palembang” dengan baik dan sesuai pada waktu yang telah ditentukan. Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tentang kedisiplinan peserta didik setelah ditetapkannya Zero Watch.
 
Dalam penyusunan makalah ini banyak melibatkan pihak-pihak yang telah memberikan dorongan serta membantu baik secara langsung, maupun tidak langsung. Dengan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada orang tua, guru, kakak pembimbing, teman-teman serta pihak lain yang memberikan bantuan dan dukungan dalam proses penyusunan karya tulis ini.
 
Dengan segala keterbatasan waktu dan kemampuan yang dimiliki, penulis  menyadari akan segala adanya kekurangan serta kesalahan dalam makalah ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk memberikan kritik dan saran demi menyempurnakan dan meningkatkan kualitas dimasa yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Palembang,       April 2014
 
Penulis

ABSTRAK

Pratama, Muhammad Hadji, dkk. 2014. Pengaruh Zero Watch Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik SMA Negeri 6 Palembang.
Kata Kunci : Zero Watch, kedisiplinan, peserta didik, waktu.
 
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ditetapkannya Zero Watch terhadap kedisiplinan peserta didik SMA Negeri 6 Palembang. Dengan dibuatnya karya tulis ini, diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan peserta didik agar persentase keterlambatan semakin berkurang. Maka dari itu terciptalah generasi bangsa yang mampu menghargai waktunya dengan baik.
 
Zero Watch atau Jam Ke-Nol adalah sebuah ketetapan baru oleh Pemerintah Kota Palembang bagi semua peserta didik mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Ketetapan ini berpengaruh terhadap jam masuk sekolah yang diubah menjadi pukul 06:40. Ketetapan ini tentunya membuat peserta didik harus datang lebih awal ke sekolah daripada biasanya, hal tersebut dapat menghasilkan dua kemungkinan apakah tingkat kedisiplinan siswa karena Zero Watch akan meningkatkan atau semakin menurun.
 
Jenis penulisan data pada karya tulis ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif, meliputi beberapa metode penelitian antara lain metode angket, metode wawancara, serta metode studi pustaka. Metode angket dilakukan dengan menyebarkan angket yang berisi beberapa pertanyaan mengenai Zero Watch, sedangkan metode wawancara dilakukan melalui tanya jawab dengan narasumber tentang Zero Watch. Kedua metode ini melibatkan beberapa peserta didik kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 6 Palembang, metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan Zero Watch di internet dan buku-buku pengetahuan.

No comments:

Post a Comment