Blogger templates

Friday 13 March 2015

Wajib Kepramukaan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Palembang

 KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga karya tulis dapat diselesaikan. Karya tulis ini berjudul “Wajib Kepramukaan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Palembang”. Isi karya tulis ini berisi tentang salah satu masalah di dalam proses pendidikan yaitu mengenai pengaruh positif pramuka sebagai wadah dalam pembentukan karakter.
 
Penyusunan karya tulis ini banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung.  Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada guru-guru, kakak pembimbing, teman-teman serta pihak lainnya yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam proses penyusunan karya tulis.
 
Dalam pembuatan karya tulis, penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan.  Oleh karena itu, penulis mohon bantuan dari berbagai pihak untuk memberikan kritik ataupun saran yang membangun agar dapat menjadi pelajaran penulis untuk penyusunan karya tulis yang lebih baik lagi.

Palembang,             2014

Penulis

ABSTRAK

Febriyanti, Adinda, dkk. 2014. Wajib Kepramukaan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Palembang.
Kata kunci: Pramuka, Karakter

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan pramuka terhadap pembentukan karakter peserta didik terutama di kalangan SMA Negeri 6 Palembang. Dengan dibuatnya karya tulis ini diharapkan akan ditemukannya pendidikan eksternal yang dapat menjadi penunjang bagi pendidikan internal sehingga peserta didik tidak hanya cerdas dalam segi intelektual tetapi juga cerdas dalam segi emosional. Latar belakang penulisan karya tulis ini, yaitu menurunnya “karakter bangsa” yang terjadi akibat degradasi moral yang terjadi pada kebanyakan peserta didik saat ini.                                   
 
Jenis penulisan data pada karya tulis ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif yang meliputi beberapa metode penelitia, antara lain metode angket, metode studi pustaka, dan juga metode wawancara. Metode angket dilakukan dengan cara menyebarkan angket yang berisi beberapa pertanyaan mengenai wajib kepramukaan sebagai pembentukan karakter kepada peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Palembang. 

Metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari berbagai informasi mengenai pengaruh pramuka terhadap pembentukan karakter melalui buku-buku ataupun internet yang berisi materi sesuai tema. Sedangkan metode wawancara, dilakukan dengan melakukan wawancara kepada perwakilan kelas X dan XI.                                     

Adapun pembahasan dalam makalah ini adalah mengenai wajib kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter yaitu :

1. Meningkatkan sikap disiplin
2. Meningkatkan rasa cinta alam 
3. Meningkatkan kemandirian.

No comments:

Post a Comment