Blogger templates

Friday 13 March 2015

Minyak dari buah pinang

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya makalah berjudul “Minyak dari buah pinang” ini dapat terselesaikan dengan baik. Shalawat bertangkaikan salam tak lupa kami curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW sang pemimpin sejati, beserta keluarga, kerabat, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
 
Makalah ini membahas tentang proses pembuatan minyak dari buah pinang, keunggulan minyak dari buah pinang ini, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan minyak dari buah pinang.
 
Ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya tak lupa kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan karya tulis ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik. Semoga makalah ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat agar dapat memanfaatkan limbah buah pinang yang diambil bijinya sebagai bahan dasar pembuatan minyak.
 
Dalam makalah ini mungkin terdapat kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu kami sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukan yang membangun guna menyempurnakan makalah ini di masa yang akan datang.

Palembang, Mei 2014

Penulis

ABSTRAK

Rizkiani, Okta, dkk. 2014. Peningkatan nilai guna buah pinang sebagai alternative pembuatan minyak pangan
Kata Kunci : Buah Pinang, Minyak, Air

Berkembangnya penggunaan minyak goreng buatan pabrik yang dinilai praktis dan berkualitas oleh pengguna minyak goreng untuk memasak, ternyata membawa dampak negatif saluran pernapasan manusia. Adanya dampak negative dari penggunaan minyak goreng buatan pabrik, mendorong berbagai usah untuk mengembangkan pembuatan minyak goreng berbahan dasar alami yang tidak berbahaya bagi pernapasan manusia. Di samping itu, pemanfaatan buah pinang yang diolah menjadi mintyak goreng juga dapat memberikan manfaat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
 
Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode kepustakaan dan eksperimen. Kami melakukan tiga kali percobaan dengan menggunakan dua jenis buah pinang yang berbeda yaitu, buah pinang tua dan buah pinang muda sebagai perbandingan hasil minyak goreng yang akan di dapat, serta bahan tambahan lainnya seperti air.
 
Salah satu bahan dasar pembuatan minyak goreng yang dapat digunakan adalah buah pinang. Buah pinang mengandung red tannin, keroin, dan lemak jenuh sebagai zat pengental pada minyak sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak doreng dari buah pinang.
 
Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan minyak goreng berbahan dasar buah pinang mudah di dapat dan proses pembuatannya cukup sederhana, tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat di produksi kapan saja dan oleh siapa saja.

No comments:

Post a Comment