Blogger templates

Friday 13 March 2015

Peran Pasca Panen Pertanian Olerikultura terhadap Infrastruktur dan Pembangunan Ekonomi

 KATA PENGANTAR

Puji syukur kita sampaikan kepada Allah swt. karena berkat rahmat-Nya kami Tim Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja dari SMA Negeri 6 Palembang dapat menyusun makalah yang berjudul “Peran Pasca Panen Pertanian Olerikultura terhadap Infrastruktur dan Pembangunan Ekonomi” ini. Shalawat bertangkaikan salam juga tak lupa kita curahkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW serta para pengikutnya hingga akhir zaman.
 
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua, guru-guru, teman-teman serta segala pihak yang telah memberi dukungan baik itu materi maupun non-materi sehingga kami dapat menyusun makalah ini.
    
Namun, kami tetap menyadari adanya keterbatasan pikiran kami dalam memaparkan seluruh materi yang ada di makalah ini sehingga mungkin masih terdapat banyak kesalahan ataupun kekurangan dalam makalah ini baik dalam cara penyajian materinya maupun dalam kelengkapan isinya. Oleh karena itu, kritik, saran, serta masukan yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk memperbaiki segala kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini.
 
Walaupun diselimuti dengan ketidaksempurnaan, kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, penulis ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelesaian makalah ini.

Palembang,  20 September 2014

Penulis                   

ABSTRAK

Persada, Muhammad Nata, dkk. 2014. Peran Pasca Panen Pertanian Olerikultura terhadap Infrastruktur dan Pembangunan Ekonomi.

Kata Kunci : Pasca Panen, Pertanian, Olerikultura , Infrastruktur, dan Pembangunan Ekonomi

Negara Republik Indonesia memiliki luas daratan mencapai 1.922.570 km². Selain itu, Indonesia merupakan wilayah dengan variasi agroklimat yang tinggi, dan daerah yang potensial bagi pengembangan olerikultura yang menyebabkan sektor pertanian menjadi salah satu sumber penting dalam pendapatan negara.
 
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengkaji mengenai seberapa jauh peran pasca panen pertanian olerikultura terhadap pembangunan nasional. Perlu diketahui bahwa indikator utama dalam pembangunan nasional adalah infrastruktur dan pembangunan ekonomi dimana keduanya saling berkaitan satu sama lain.
 
Adapun pembahasan dalam makalah ini adalah membahas mengenai peran pasca panen pertanian olerikultura terhadap infrastruktur dan pembangunan ekonomi, yang pada era globalisasi ini banyak masalah-masalah dan faktor penghambat dalam pembangunan nasional. Penulis mengkaji bagaimana peran pasca panen pertanian olerikultura untuk menyelesaikan masalah dan faktor penghambat pembangunan nasional.
 
Selain itu, penulis juga memberikan uraian mengenai upaya dalam meningkatkan peran pasca panen pertanian olerikultura terhadap infrastruktur dan pembangunan ekonomi sebagai indikator pembangunan nasional agar eksistensi sektor pertanian Indonesia tetap  terjaga.
 
Untuk mencari referensi yang tepat, penulis mengambil metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari berbagai informasi melalui buku- buku ataupun internet yang berisi materi yang  sesuai dengan pokok bahasan dan melalui metode survei lapangan
 
Berdasarkan pengkajian berbagai data yang penulis ambil dari metode studi pustaka dan metode wawancara, didapatkan hasil bahwa pasca panen pertanian olerikultura mempunyai peran yang penting terhadap infrastruktur dan pembangunan ekonomi sebagai indikator pembangunan nasional.

No comments:

Post a Comment