Blogger templates

Friday 13 March 2015

Pengaruh Musik Pop Korea Terhadap Pola Pikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Palembang

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. karena berkat rahmat dan ridha-Nyalah kami perwakilan dari SMA Negeri 6 Palembang dapat menyusun makalah yang berjudul “Pengaruh Musik Pop Korea Terhadap Pola Pikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Palembang” ini. Shalawat bertangkaikan salam juga tak lupa kita curahkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW serta para pengikutnya hingga akhir zaman.
 
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua, guru-guru, teman-teman serta segala pihak yang telah memberi dukungan baik itu materi maupun non materi sehingga kami dapat menyusun makalah ini.

Namun, kami tetap menyadari adanya keterbatasan pikiran kami dalam memaparkan seluruh materi yang ada di makalah ini sehingga mungkin masih terdapat banyak kesalahan ataupun kekurangan dalam makalah ini baik dalam cara penyajian materinya maupun dalam kelengkapan isinya. Oleh karena itu, kritik, saran, serta masukan yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk memperbaiki segala kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini.

Walaupun diselimuti dengan ketidaksempurnaan, kami harap makalah yang berjudul “Pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Pola Pikir Kreatif Generasi Muda” ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, penulis ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelesaian makalah ini.

Palembang,  27 Agustus 2014

Penulis
ABSTRAK

Sela, Kurnia, dkk. 2014. Pengaruh Musik Pop Korea Terhadap Pola Pikir Kreatif Peserta Didik SMA Negeri 6 Palembang.
Kata Kunci : Pengaruh, Musik, Pola pikir, Kreativitas, Peserta didik
 
Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan yang salah satu unsur kebudayaannya adalah musik. Arus globalisasi yang sedang merajalela membuat generasi muda khususnya peserta didik lebih mengenal musik asing yaitu Korea  daripada musik Indonesia sendiri. Hal ini menimbulkan berbagai dampak untuk para generasi penerus bangsa. Dalam hal ini, peserta didik masih belum siap dalam memilih unsur kebudayaan asing yang dibawa oleh arus globalisasi sehingga pola pikir kreatif peserta didik menurun dalam hal kualitasnya.
 
Tujuan pembuatan makalah ini adalah membahas mengenai pengaruh musik pop Korea terhadap generasi muda khususnya peserta didik SMA Negeri 6 Palembang. Peserta didik SMA Negeri 6 Palembang cenderung menyukai musik pop Korea dibandingkan musik dari Indonesia.
 
Metode penelitian pada karya tulis ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data, antara lain berupa metode studi pustaka, metode angket, metode wawancara, data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari berbagai informasi melalui buku- buku ataupun internet yang berisi materi sesuai tema. Metode angket dilakukan dengan cara menyebarkan angket yang berisi pertanyaan mengenai pengaruh musik pop korea terhadap pola pikir kreatif  kepada beberapa peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Palembang. Sedangkan metode wawancara, dilakukan dengan melakukan wawancara kepada perwakilan peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Palembang.
 
Berdasarkan data yang penulis ambil dari metode angket dan metode wawancara, didapatkan hasil bahwa persentase responden yang menyatakan bahwa musik pop Korea memberi pengaruh negatif terhadap pola pikir peserta didik lebih banyak dibandingkan dengan dampak positifnya.
 
Adapun pembahasan dalam makalah ini yaitu pemaparan pengaruh-pengaruh yang disebabkan oleh musik pop Korea hingga kaitannya terhadap kreativitas sebagai lambang kecerdasan peserta didik.

No comments:

Post a Comment